Sambutan Direktur

Bismillahirrohmanirrahiim,
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam Sejahtera Bagi Kita Semua.

Web Site ini merupakan media informasi resmi Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Soeprapto Bengkulu yang Kami kemas dalam bentuk narasi dan gambar, bertujuan agar masyarakat memperoleh informasi mengenai kesehatan JIWA, NARKOTIKA dan UPAYA-UPAYA PEMULIHANNYA secara utuh. Kami juga menampilkan infomasi kegiatan formal dan non formal yang dilaksanakan oleh karyawan/karyawati sebagai informasi tambahan agar masyarakat dapat lebih mengenal RSJKO Daerah Bengkulu.

RSJKO Daerah Bengkulu letaknya berhadapan dengan hamparan rumput hijau lapangan golf nan asri dan sejuk didampingi bentangan laut biru yang luas menambah ketenangan pasien dan mempercepat pemulihan kesehatan.

Sebagai satu – satunya rumah sakit pemerintah daerah yang melaksanakan pelayanan kesehatan jiwa dan ketergantungan obat di wilayah regional sumatera, tentu menjadi tumpuan dan harapan masyarakat. RSJKO Daerah Bengkulu terus berbenah diri dan terus berusaha meningkatkan kualitas pelayaan sebaik – baiknya dengan berbagai upaya, diantaranya: peningkatan SDM menuju pelayanan yang profesional, pemenuhan peralatan medis, penyediaan sarana pelayanan kesehatan jiwa dan narkotika dilengkapi dengan sarana terapeutik yang representatif beserta sarana olah raga yang memadai dan sarana pengembangan usaha (kolam pemancingan dan bercocok tanam). Kita juga sedang merencanakan rehabilitasi untuk regional Sumatera dan luar sumatera dengan konsep THERAPY WISATA, karena lingkungan yang sangat mendukung.

RSJKO Daerah Bengkulu sudah selesai membuat One Stop Centre Narkoba untuk melayani pasien yang mengalami ketergantungan Obat Narkoba dan akan direhabilitasi terpusat dalam satu tempat melalui anggaran APBD (multi years) dan APBN yang direncanakan akan diresmikan oleh Bapak Gubernur Bengkulu pada akhir tahun ini..

Kita juga akan mengembangkan perawatan bagi ANAK AUTIS untuk dijadikan sebagai unggulan pelayanan RSJKO Daerah Bengkulu yang dilengkapi dengan sarana perawatan dan pemulihan serta tenaga yang profesional.

Kita akan menghilangkan kesan selama ini bahwa RSJKO hanya untuk penderita Skizoprenia (psikosa/orang gila), tetapi juga MENJARING PENDERITA GANGGUAN JIWA RINGAN SAMPAI SEDANG, seperti: mudah cemas; susah tidur; kepala sakit yang sering/vertigo; sering sakit perut dan penyakit-penyakit psikosomatis lainnya dengan cara integrasi ke daerah-daerah dengan melakukan penyuluhan yang terus ditingkatkan serta membuat poliklinik-poliklinik di pinggir jalan. Menurut data WHO, dalam suatu wilayah 25% dari jumlah penduduknya menderita sakit kejiwaan, mulai dari grade ringan sampai berat.

Harapan Saya, semoga Web Site ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan Saya mengajak pulihkan kesehatan jiwa dan sembuhkan penderita ketergantungan obat di lingkungan keluarga dan lingkungan sosial anda, segera!

Terima kasih, Wassalamualaikum Warah Matullahi Wabarakatuh.

Direktur,
dr. H. RA. Muchtar